Profil Negara Maju di Dunia

INGGRIS
Inggris merupakan salah satu negara Eropa yang cukup terkenal di dunia. Kepopulerannya karena bahasa Inggris digunakan hampir 85 % negara di dunia. Kondisi tersebut, sebagai hasil dari kejayaan masa lalunya pada zaman penaklukan daerah-daerah baru di luar Eropa, setelah prestasi yang sama diawali oleh Spanyol. Oleh karena itu, kebudayaan Inggris sangat meluas dan berpengaruh di semua belahan dunia.
Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.
Sesungguhnya secara politik, Inggris atau England adalah salah satu kerajaan bagian dari serikat kerajaan (United Kingdom) bersama kerajaan bagian lainnya yaitu Wales dan Scotland yang wilayahnya berada di pulau Britania, serta Ulster yang wilayahnya menempati bagian Utara pulau Eire (Irlandia Utara). Sementara itu bagian selatan pulau Eire secara politik merupakan wilayah Republik Irlandia. Dengan demikian United Kingdom atau UK dimaksudkan pada serikat kerajaan yang terdiri atas England, Wales, Scotland dan Ulster atau sering pula disebut Britania Raya. Namun, Inggris atau England tetap memiliki kewenangan lebih, dalam kendali persatuan atau perserikatan kerajaan tersebut. Inggris termasuk salah satu negara Eropa yang maju di dunia. Pendapatan per kapitanya mencapai 24.340 dolar AS.


a. Letak dan luas
Secara astronomis Inggris terletak diantara 50º LU – 60º LU dan 8 BBº – 2º BT. Secara geografis terletak di sebelah barat daratan Eropa. Meninjau dari lingkup yang lebih luas lagi, letaknya sangat strategis karena berada di jalur transportasi dan perdagangan antara Eropa dan benua Amerika. Luas Inggris ±244.820 Km².

Inggris merupakan negara kepulauan yang terdiri atas wilayah England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, dan ditambah sejumlah kepulauan Kanal, Orkney, Sketland, dan Hebrides. Jarak dari ujung utara ke selatan sejauh 965 km dan dari timur ke barat sejauh 515 km. Luas wilayah Inggris dan Irlandia Utara adalah 318.872 km2. Dan kedudukannya dengan benua Eropa dipisahkan oleh selat Dover sejauh 31 km.
Wilayah negara Inggris merupakan negara maritim 100% yang terletak di pinggir Timur samudra Pasifik.
Batas-batas wilayah negara Inggris:
 Sebelah utara : Samudra
ü Atlantik
 Sebelah selatan : Selat Inggris
ü
 Sebelah timur : Laut
ü utara
 Sebelah barat : Samudra Atlantik.
ü

b. Keadaan Alam
1. Bentang Alam
Berdasarkan relief dan keadaan batuannya, wilayah bentang alam di Inggris dapat dibedakan menjadi 3 bagian.
a. Kawasan bergunung-gunung (bagian barat dan utara)
• Dataran tinggi utara (Northern Highland): puncak Gunung Ben Nevis (1343 m) dan Gunung Merrick) (843 m).
• Dataran rendah tengah (Central Lowland): lembah Sungai Clyde, TelukForth, dan Teluk Tay.
• Wales (kawasan yang menjorok ke arah barat): Pegunungan Cambrian dengan puncaknya Gunung Snowdon (1.085 m).
• Wales Selatan: Plata yang memuncak di Taman Nasional Brecan Beacons (886 m).
b. Irlandia Utara berhubungan dengan pegunungan barat Inggris, tetapi Danau Neagh dan dataran rendah sekelilingnya menempati posisi sentral (merupakan cekungan di daerah plato basalt).
c. Daerah yang bergelombang (bagian timur dan selatan), mengalir Sungai Thames. Sebanyak 15 jembatan melewati Sungai Thames, misalnya Jembatan Wesminstar, Menara Waterloo, dan Jembatan Kew. Yang paling menonjol, jembatan London, jembatan ini menopang arus lalu lintas yang lalu lalang di atas Sungai Thames (Jantung perdagangan kota London).
2. Iklim
Mengingat Inggris merupakan pulau atau kepulauan di lepas pantai barat daratan Eropa dan juga karena letak lintangnya, maka atmosfer Inggris memiliki kondisi iklim yang dipengaruhi laut serta arus laut panas (Gulf Stream) yang berasal dari equator utara di samudera Atlantik. Dampak arus laut panas tersebut sangat kondusif bagi kehidupan di kawasan ini. Jika kita melihat peta daerah iklim di Eropa, maka Inggris dan kawasan pantai Eropa Barat bahkan Eropa Utara memiliki iklim yang disebut Iklim Laut Pantai Barat. Ciri iklim tersebut ialah pengaruh laut dominan; musim winter-nya nyaman dan summer-nya sejuk; hujan jatuh sepanjang tahun dan pada winter cenderung berawan tebal dan berkabut; siang hari pada winter gejalanya pendek, berawan dan basah; summer cerah dan nyaman serta siang hari gejalanya relatif lebih panjang. Gejala seringnya hujan jatuh baik di Inggris maupun di daerah iklim ini dibuktikan oleh tercatatnya beberapa kota sebagai berikut : London (164 hari hujan dalam satu tahun), Scotland dan Shetland (260 hari hujan setahun), Paris (188 hari hujan setahun).
Secara umum, Inggris maupun kawasan pantai Barat Eropa cukup memiliki iklim yang nyaman dan kondusif bagi aktivitas kehidupan dibandingkan negara-negara di kawasan Eropa lainnya.

c. Penduduk
Jumlah penduduk 60.000.000 jiwa. Kepadatan mencapai 240 jiwa / km2. Karena wilayah Inggris relatif kecil (± 244.820 Km²) dibandingkan dengan jumlah penduduknya, maka Inggris merupakan salah satu negara terpadat penduduknya. Kepadatan penduduknya cukup tinggi yaitu mencapai 241 jiwa/Km². Penduduk urban atau penduduk yang tinggal di kota pun sangat tinggi yaitu mencapai 90%. Mengingat banyaknya arus imigran atau penduduk yang masuk ke Inggris, maka akhirnya Pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan pembatasan imigran, yaitu dengan menetapkan undang-undang pembatasan jumlah penduduk masuk ke Inggris
Penduduk asli di Inggris disebut orang Inggris yaitu bangsa Kelt (Skot, Irlandia, Welsh) dan bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, Norman). Agama yang dianut Kristen (86,9 %), (8,8 %) Islam, Yahudi, Hindu.

d. Perekonomian
Berdasarkan indikator di atas pada awal pembahasan, jelas menunjukkan bahwa Inggris merupakan salah satu negara maju di dunia. Sejak digulirkannya revolusi industri di Inggris, perekonomiannya semakin berkembang. Sektor perekonomian penting di Inggris antara lain: industri, pertambangan, pertanian, peternakan, perikanan.
1. Perindustrian
Pada sektor industri, Inggris telah lama berkembang dan termasuk Negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakan produk ekspor Inggris, yaitu baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, barang elektronika. Beberapa industri yang ada di Inggris sebagai berikut:
 Industri berat
ü (wilayah black country) berpusat di Birmingham.
 Industri lokomotif
ü (Glasgow)
 Galangan (Peasly, Greenock, New Caste, London)
ü
 Industri
ü mobil dan pesawat terbang (London, Birmingham, Oxford)
 Industri kimia
ü (London)
 Industri ban (Birmingham)
ü
 Industri elektronik, alat rumah
ü tangga (London, Leeds, Sheffield)
 Industri tekstil (Lancashire, Glasgow,
ü Manchester) bahan dasar kapal diimpor dari AS, Brazil, India, Mesir, Sudan, Afrika Selatan.
 Industri wol (Bradford, Leeds)
ü
 Industri Sutra tiruan
ü (Yorkshire dan Lancashire)
2. Pertambangan
Inggris memiliki deposit batu bara dalam jumlah besar. Pusat-pusat penambangan batu bara di Skotlandia, yaitu: Lanarkshire, Pegunungan Pennine (Pegunungan Cumberland, Northumberland, dan Durham) di Newcastle dan sekitarnya, Stafford (Voncentry Selatan), Pegunungan Cambrian Selatan (Swansea-Rhondda), dan Wales Selatan.
Pegunungan Cambrian Utara menghasilkan tembaga, timah hitam, seng, dan mangan. Dari pegunungan Pennine dan Cambrian dihasilkan timah hitam, tembaga, biji besi, dan seng, sedangkan di Midlands terdapat tambang timah hitam, biji besi, dan tembaga.
3. Pertanian, Peternakan dan Perikanan
Hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan yang penting di Inggris adalah kentang dan sayur mayor terdapat di Lancashire, gandum, barley, dan bit gula terdapat di Pegunungan Anglia Timur, Kent, Worcester, dan Devon. Susu dan mentega terdapat di England, Ternak babi dengan ayam terdapat di Yorkshire dan Lancashire. Hasil hutan terdapat di England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Ikan haring dan cod terdapat di perairan laut utara dan Samudra Atlantik.
4. Perdagangan
Barang-barang ekspor Inggris adalah mesin-mesin, barang kimia, wol, tekstil, sintesis, mobil, truk, plat-plat baja, lokomotif, pesawat terbang, mesin pertanian, dan alat-alat elektronik. Sedangkan barang-barang impornya adalah minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan biji besi.

B.NEGARA BERKEMBANG
CINA
Giantic Size merupakan sebutan untuk negara ini, di samping sebutan
negara Tirai bambu. Ekonomi Cina saat ini berkembang dengan pesat yang
ditandai bangkitnya sektor industri. Kesohoran Cina juga ditentukan oleh
persebaran penduduk di seluruh penjuru dunia sehingga menghasilkan
China Town, yaitu perkampungan dengan ciri khas kebudayaan Cina.
Gambar 6.15
Industri pembuatan Boeing 747 di negara bagian
Washington.
Sumber: Microsoft Encarta, 2006
Geografi untuk SMA-MA Kelas XII 143
a. Letak dan Luas
Cina terletak di kawasan Asia Timur (Gambar 6.16), dan secara
astronomis terletak antara 180 LU - 54° LU dan 73° BT - 135° BT. Negara
ini merupakan suatu daratan yang luasnya sekitar 9.592.961 km2. Adapun
batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.
Sebelah utara : Mongolia
Sebelah timur : Laut Cina Timur dan Laut Kuning
Sebelah selatan : Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, dan Vietnam
Sebelah barat : Kazakstan, Tadzikistan, dan Afganistan
b. Bentang Alam
Bentang alam Cina dibedakan menjadi dua, yaitu Cina Utara dan Cina
Selatan. Kedua wilayah tersebut dibatasi oleh Pegunungan Sinling yang
membujur dari arah tenggara ke barat laut.
1) Cina Utara
Wilayah Cina Utara didominasi dataran rendah yang luas dan berdebu.
Wilayah ini terdapat Gurun Gobi (Gambar 6.17) dan Gurun Ordos yang
menghasil tanah loss, yaitu tanah subur yang terbentuk karena pengendapan
debu gurun pasir. Wilayah ini banyak dijumpai sabana dan stepa juga
banyak ditemukan lahan pertanian.
Sumber: Microsoft Encarta 2006
Gambar 6.16
Peta Negara Cina
144 Negara Maju dan Negara Berkembang
2) Cina Selatan
Berbeda dengan Cina Utara, Cina
Selatan didominasi dataran tinggi yang
kompleks. Wilayah ini meliputi daerah
Sungai Yang Tse Kiang, Pegunungan Cina
Selatan, Plato Yunan, Plato Kwei Chow
dan Daerah Lembah Szechwan. Wilayah
ini merupakan satu rangkaian dengan
Pegunungan Himalaya. Di wilayah ini
juga terdapat Pegunungan Tien syan,
Pegunungan Kwenlun, dan Dataran
Tinggi Tibet. Danau yang terdapat di
daerah ini adalah Danau Lopnor.
Sungai-sungai yang mengalir di Cina
di antaranya Sungai Yang tse Kiang
(5.520 km), bermuara di laut Cina Selatan
dan merupakan sungai terpanjang di
Benua Asia. Sungai Hwang Ho atau
sungai Kuning (4.700 km), bermuara di
Laut Kuning (Gambar 6.18).
c. Penduduk
Cina mempunyai penduduk terbesar di
dunia, oleh karena itu Cina selalu melakukan
berbagai upaya penanggulangan besarnya
jumlah penduduk. Salah satu kebijaksanaan
kependudukan adalah kebijakan satu keluarga
satu anak.
Sebagian besar penduduk Cina adalah ras
Cina han (93%) dan beberapa etnik lain, yaitu
Tibet, Kazakh, Mongol (Gambar 6.19), dan
Uighur.
Sebagian besar penduduk Cina menganut
agama Kong Hu Cu, Budha, dan Tao. Penduduk
Cina yang menganut agama islam terdapat di
Propinsi Xiang dengan ibu kotanya Urumchi.
d. Perekonomian
1) Pertanian
Terdapat dua wilayah pertanian, yaitu di
Cina utara dan Cina Selatan. Cina utara
merupakan daerah pertanian gandum yang
Sumber: Microsoft Encarta, 2006
Gambar 6.17
Bukit pasir hasil sedimentasi Gurun Gobi.
Gambar 6.18
Sungai Huang Ho yang melewati Gansu, dekat kota
Lanzhou, merupakan sungai terbesar kedua di Cina.
Sumber: Microsoft Encarta, 2006
Gambar 6.19
Orang Mongol, suku nomaden yang ada di
Cina.
Sumber: Microsoft Encarta, 2006
Geografi untuk SMA-MA Kelas XII 145
ditanam pada musim semi di sepanjang
Mongolia masuk ke daerah Manchuria. Cina
selatan merupakan daerah pertanian padi dan
gandum di daerah Yang Tse. Selain itu, padi
juga ditanam di daerah Cina Barat Laut dan
Szechwan. Cina juga menghasilkan teh yang
berkualitas yaitu di Zhejiang (Gambar 6.20).
2) Pertambangan
Hasil pertambangan Cina antara lain
batubara, bijih besi, mangan, timah, merkuri
(raksa), timah hitam, seng dan minyak bumi.
Batubara di tambang di utara Sungai Yang Tse,
Fooshin, Kailan, Huainan, Jixi, Hegang, dan
Datong. Adapun minyak bumi ditambang di
Jongaria, Lembah Tsaidam, Karidor Gansu,
Lembah Szechwan, dan Taheng.
3) Industri
Hasil industri Cina, antara lain tekstil semen, pupuk, alat-alat pertanian,
lokomotif, kapal, traktor, dan truk. Kawasan industrinya terpusat di daerah
pantai, meliputi Kota Shanghai, Beijing, Tianjin, dan Kota Shenyang.
4) Perdagangan
Barang-barang yang diimpor Cina, antara lain mesin, logam, kapas,
dan biji-bijian. Barang ekspor utamanya yaitu tekstil, kendaraan bermotor,
teh, buah-buahan, sayuran, dan minyak bumi. Mitra dagang terbesar Cina
yaitu Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan Singapura.
5) Perikanan
Meskipun tidak sebesar Jepang, Cina merupakan penghasil ikan yang
cukup besar di dunia. Rata-rata produksi ikan di Cina mencapai 6 juta ton/
tahun. Daerah perikanan di Cina, antara lain Guangzou, Luda, Qingdao,
Shanghai, dan Lu-sun.
KESIMPULAN :
Dari Analisis tersebut diatas dapat disimpulkan: Perbedaannya ada pada Sikap atau Perilaku (Attitude) dari masyarakat masing-masing negara yang terbentuk melalui proses ratusan tahun dari pendidikan dan kebudayaan.
Berdasarkan keterangan-keterangan diatas, Negara-negara maju umumnya memiliki 9 Prinsip Dasar Kehidupan sbb:
1.Etika yang dijunjung tinggi
2.Kejujuran dan Integritas Masyarakat, Pemerintahan dan Individu yang tinggi
3.Sikap yang mau bertanggung-jawab
4.Menghormati hukum dan aturan masyarakat
5.Menghormati hak warga atau orang lainnya
6.Mencintai dan menekuni pekerjaan masing-masing
7.Gemar menabung dan ber-investasi (tidak boros, konsumtif)
8.Bekerja keras
9.Tepat waktu

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

8 Wanita Mirip Barbie

PROFIL STANZA BOY BAND