SUKA DUKA KKN (KULIAH KERJA NYATA)

Suka Duka KKN 

KKN................?
Banyak yang nyebut Kuliah Kerja Nganggur, Kuliah Kerja Nguli, Kuliah Kerja Ngalor Ngidur, Kuliah Kerja Nglayab, Kuliah Kerja Nikah, dan banyak lagi yang mengartikan apa itu KKN.
Nah arti KKN yang sesungguhnya seperti judul ya "Kuliah Kerja Nyata"
Jadi, biasanya KKN dilaksanakan di semester 7 atau 8 bagi mahasiswa yang menempuh S-1. Setiap kampus memiliki waktu yang berbeda dalam pelaksanaan KKN, kampusku cukup lama yaitu 45 hari. Lama kan ya~
Jadi, aku bakal sharing bagaimana sih rasanya KKN berdasarkan apa yang aku rasain selama 45 hari itu.
Jadi, kebetulan aku dapet tempat KKN di daerah ku sendiri, yaitu Kebumen. Aku ikutnya KKN Reguler yaa karena susah dapet restu buat yang jauh-jauh buat mandiri jadi yaudah deh ngikut aja. Eh malahan doa orang tua emang yaaaa pengen deket anaknya. Jadi kesampean. Awalnya sih aku ngrasa aduuuh kok dapet sini sih, pengennya reguler tapi ke tempat yang belum pernah lah minimal kayaa pacitan atau rembang gituu. Malah dapet rumah sendiri. Ya walaupun kurang happy tapi yaudah jalani walaupun sempet ada niatan tukeran tapi karena males ngurusnya jadi terima aja deh.
BAIQLAH
Kita berdelapan ya satu kelompok, kebetulan ada 10 kelompok yang di kebumen dan kita kelompok terakhir dengan anggota tersedikit karena satu temen kita mengundur kan diriii dapet PPL EXCHANGE Di Thailand 😍😍😍😍
.
.
.
Singkat aja ya.
Berangkat naik bus pulang naik bus daan omber banget gais alias sepi penumpang karena ada yang motoran!
Sampe lokasi ya rasanya masih biasa aja, orang tempat sendiri walaupun bukan daerah rumah tapi sering lewaat gituu. Sampe sana kita sempet terlantar ga ada yang jemput dan nuggu pak lurah lama banget. Akhirnya bapak lurah dateng kita menuju induk semang. Kebetulan aku yang boncengan sama pak lurah parmin. Sempet ngobrol juga soalnya kan rada nyambung gitu masih satu daerah. Induk semang cewe cowo di pisah. oke fine.
Beruntungnya tempat cewe nyamanin banget hehe ac, kamar mandi bersih, luas, dan cuma tempatnya sepi dan agak horor aja sih soalnya ditengah - tengah, dan jarak sama tempat cowo ga jauh kok.
Jadi gampang komunikasi.
.
.
Jadi, disana kita hidup bener-bener tau satu sama lain karakternya dari yang A-Z. Tapi gimana lagi kita kan team jadi harus bisa menerima satu sama lain biar proker jalan lancar dong. Kita punya 8 proker yang alhamdulillah berjalan lancar semuanya. Kendalanya hanya di waktu jadi masyarakat kurang terdorong buat hadir. Namanya hidup sama masyarakat pasti harus berbaur kan, kita kan numpang istilahnya buat nerapin ilmu kita. Alhamdulillah masyarakatnya juga welcome sama kita, mau bantuin. Kita juga mengalami masa peralihan lurah lama ke baru. Ada tasyakuran di tempat lurah baru dan pentas kuda lumping. Disana kita diajarin banget buat menghargai orang lain. Dapet ilmu posyandu, senam, tahlilan, organisasi karang taruna, kesenian kuda lumping, hadroh, arisan, pengajian, simpan pinjam, mengurusi acara, masak, buat dawet, buat gadung, ternak sapi, panen jagung, cabai, acara tujuh belasan, jadi juri, jadi guru les, guru ngaji, malam kumpulan tiap tanggal jawa, ikut voly, motong hewan kurban, dan apalagi ya aku lupaa. Seneng loh dapet ilmu sebanyak itu. Tiap sore dipanggil kakak kakak les yuk, ngaji yuk. Pas udah selese KKN ga ada yang manggil kaka serame itu. Tapi dasarnya emang aku suka banget sama anak-anak. Sampe kadang kalo lagi males ya lupa sama mereka nyuekin mereka daan ngerasa bersalah kadang hehe.
.
.
Dasarnya kita sepakat mau masak, tapi kadang kita males masak akhirnya beli lah makanan langganan kita, rocket, pecel lele, makan padang, sate, nasi goreng, bakso sd siang-siang sampe dicariin ke ujung, sampe kadang embah kesel liat kita males-malesan hehe maaf ya mbah. Makasih warung semoja sudah selalu bersedia ketika kita llavaaar.
.
Ngomong tentang mbah kasian loh, di rumah sendirian tapi masih sehat banget masih bisa nyepeda kemana mana, murah senyum, jaga banget sama makannya, masak sendiri, ibadahnya rajin banget, ya pokoknya salut sama embah murr hehe.. tempat curhat juga dan ditakutin anak-anak karena galak gasuka liat anak-anak pecicilan dan saling ganggu.
.
.
Bu lurah lama dan baru juga baik bangeet. Perangkat desa dan BPD jugaa, ibu-ibu kader juga, seneng punya keluarga baru. Guru guru SD juga welcome bangettt, karang taruna juga. Walaupun ya kadang kita nyebelin sadar kok, wajar kalo misal bikin seneb ati hehe.Laluuu, apalagi yaa, ya itu sih.
.
.
Momenn yang paling berkesan yaitu sama anak-anaknya masih inget banget Gaby, Aldi, Syarif, Deny, Dika, Faiq, Rina, Uus, Rita, Abi, Halim, Hakim, Tiwi, Reyhan, Ridwan, Farid, Asna, Firman, Tolet, Tuning, Lia, Bangun, Anggi, Beril.  Adam, Tasya, Hafis,  Ais, Faren, Vicky, Fadil, Lisen, ijal, dan juga slamet yang dia anak dissabilitas tapi manutan banget walaupun kadang rewel. Slamet suka banget minta diajarin ngaji sama kita-kita. Mereka semua punya karakter masing-masing. Alhamdulillah aku deket sama mereka. Apalagi di akhir-akhir rasanya pengen ngajak mereka semua sama aku, tak jadiin adekku. Mereka seneng, aku juga seneng, Di akhir-akhir aku sepedaan sama viki sama arif. Sama gaby juga sama syarif squishy. Main dramaa tengah malem sama deny dan reyhan. Sampe sempet hororr juga mas hafis, ruli, sama rafi. Dikasih gelang sama aldii anak ternakal dan terberani sama aku. Makasih ya kalian ({}) Moga suatu saat aku bisa kembali ke tempat kalian, main sama kalian, kalian belum besarrrr. Asli masih suka rindu kalo liat foto-fotonya.
.
.
Ngomong-ngomong kuda lumping aku juga ketemu orang yang ga bakal nyangka bisa deket ya. Awalnya liat di yasinan awal malam minggu di baldes sama orang ini eh ketemu lagi dia main ebeg ternyata aku masih inget. Sepanjang main kita lempar pandang dan senyum udah dong aku juga udah dikasih tau nama dia siapa sama pak ketua. Dia udah kaya adek kita, yang biasa nara hubung kalo karang taruna ada acara. Acara voli pertama, kita ketemu lagi yaudah aku liat dia main voli katanya atletnya dan anak-anak cowo panitianya. Pulang. Ga taunya kita abis itu kontakan dan enggak ngeh yaudah nyambung kita sering sharing satu sama lain, cerita-cerita, makan bareng, nyanyi, ngobrol, pergi dan akhirnya pisah lagi karena KKN Usaiiii~~~~~`
tapi gatau deh sekarang dia dimana, tiba-tiba ngilang ajaa. Padahal udah kaya adek sendiri siapa tau nanti butuh chanel yaa kan. Tapi dia malah nutup silaturahmi. Baiqlaah.


MAKASIH KKN.
-SEKIAN-

Comments

Popular posts from this blog

8 Wanita Mirip Barbie

Profil Negara Maju di Dunia

PROFIL STANZA BOY BAND